Thursday 19 January 2017

Sesungguhnya inilah fungsi kolesterol di membran sel

Keberadaan kolesterol terdapat di membran sel tepatnya di membran sel bilayer. Fungsi kolesterol tersebut untuk dapat membuat air masuk ke sel melalui membran sel bilayer. Akan tetapi, dalam membran sel bilayer terdapat aquaporin yang juga bertugas sebagai pemasokan air ke dalam sel. Lalu apakah fungsi sesungguhnya kolesterol itu sendiri di membran sel?


Kolesterol

Fungsi dari suatu struktur yang ada dalam sel atau tubuh kita adalah hasil interpretasi kita. Jadi, kita tidak pernah tahu fungsi yang sebenarnya. Oleh karena itu, dalam kalimat harus dituliskan " fungsinya diduga terlibat dalam......" Tapi penulisan seperti ini terlalu ribet dan menyengsarakan pembaca. 

Iya benar, kolesterol bisa berjajar dengan fosfolipid karena dia molekul amfifatik, yaitu ada kepala yang suka air (4 cincin hidrokarbon) dan ekor yang takut air (rantai hidrokarbon). Bentuknya yang berbeda dengan fosfoplid menyebabkan adanya rongga ataucelah dalam jajaran fosfolipid. Salah satu akibatnya adalah membran sel bisa dilintasi oleh molekul-molekul kecil yang tidak bermuatan, salah satunya adalah air. Selain air, molekul urea dan gas CO2 atau O2 juga dilaporkan sering melewati celah ini.

Artinya, air dan molekul-molekul kecil bisa melintasi membran dengan cara difusi yang sangat ditentukan oleh gradien konsentrasi. Ketika gradien konsentrasi melintasi membran adalah 0 maka kejadian difusi menjadi berhenti. Padahal sel membutuhkan air dan molekul-molekul kecil itu. Dan pada kenyataannya, air bisa dipindahkan melawan gradien konsentrasi (~sel minum air?).

Sejak tahun 50-an, beberapa peneliti sudah curiga akan adanya kanal atau lubang khusus untuk air yang ada dalam membran sel. Baru tahun 1986, Tuan Benga dari Romania melaporkan adanya protein membran yang berfungsi memasukkan air ke dalam sel. Dua tahun kemudian, Tuan Peter Agre dari Amerika berhasil mengidentifikasi protein tsb dan melaporkan struktur dan fungsi detailnya dalam memasukkan air ke dalam sel; dan memberinya nama aquaporin. Atas penemuannya ini, Tuan Agre dianugerahi hadial Nobel tahun 2003.

Jadi, fungsi kolesterol membran sebagai lintasan air adalah fungsi bawaan karena dia membuat terbentuknya celah di antara jajaran fosfolipid. Sedangkan fungsi aquaporin merupakan manifestasi bahwa sel adalah benda hidup yang berdaulat dan mampu memasukkan air ke dalam dirinya. Selain itu, fungsi kolesterol dalam membran adalah menjaga sifat cair membran, integritas membran dan mengatur tataletak dan distribusi protein membran.





ByFen

0 komentar:

Post a Comment