Monday 23 January 2017

Inilah proses pembentukan dinding sel pada tumbuhan

eukariotik
ByFen

Eukariota adalah organisme dengan sel yang memiliki nukleus dan organel bermembran lainnya. Eukariota memiliki organel bermembran, terutama inti, yang berisi materi genetik, dan tertutup oleh selubung nukleus. Sel eukariotik juga mengandung organel bermembran lainnya seperti mitokondria dan badan Golgi. Selain itu, tumbuhan dan alga mengandung kloroplas. Organisme eukariotik mungkin uniseluler atau multiseluler.
Eukariota dapat bereproduksi baik melalui reproduksi aseksual melalui mitosis dan reproduksi seksual melalui meiosis. Dalam mitosis, satu sel membelah untuk menghasilkan dua sel yang identik secara genetik. Dalam meiosis, replikasi DNA diikuti oleh dua putaran pembelahan sel untuk menghasilkan empat sel anak masing-masing dengan setengah jumlah kromosom dari sel induknya (sel haploid). Sel-sel ini bertindak sebagai sel kelamin (gamet – masing-masing gamet hanya memiliki satu pelengkap kromosom, masing-masing campuran unik dari pasangan kromosom orang tua yang sesuai) yang dihasilkan dari rekombinasi genetik selama meiosis.
Sel-sel tumbuhan mempunyai enzim untuk mensintesis monosakarida yang bisa disekresikan melalui membran selnya (berarti juga sel tumbuhan mempunyai enzim untuk mensintesis protein membran sebagai lokasi sekresi monoskarida tsb). Kemudian, sel tumbuhan mempunyai lintasan metabolisme (enzim-enzim) untuk mensintesis polisakarida di luar sel sehingga membentuk dinding. Agar terjalin dengan kuat, lintasan metabolisme tsb mengikuti jalur-jalur "pemintalan" yang terbuat dari sitokeleton di sisi dalam membran sel. Semua yg diceritakan diatas tidak dipunyai oleh sel hewan, walau keduanya eukariot. Definisi eukariot hanya sebatas pada ada tidaknya kompartementasi sel melalui pembentukan membran sel internal.




ByFen

1 comment:

  1. Thanks kak infonya!
    Share lagi dong kakk,
    Diisi blognya, ditungguuu😜

    ReplyDelete