Saturday 17 September 2016

Kehidupan Bakteri

Selamat malam semua...

Kalian pasti sering mendengar kata bakteri bukan? Apakah bakteri itu hidup? Kalo iya, bagaimana dia memenuhi kealngsungan hidupnya? Dapatkah bakteri membuat makanannya sendiri dari sinar matahari? Tanaman bukan satu-satunya organisme yang menggunakan energi matahari untuk membuat makanan. Beberapa bakteri juga dapat melakukan fotosintesis. Bahkan, organisme fotosintesis pertama di bumi adalah bakteri. Fotosintesis adalah salah satu dari banyak cara bahwa bakteri dapat memperoleh energi.

Nutrisi bakteri
Seperti semua organisme, bakteri membutuhkan energi, dan mereka dapat memperoleh energi ini melalui sejumlah cara yang berbeda.
Bakteri
Berbagai Macam Bakteri (ByFen)
Fotosintesis

Bakteri fotosintetik menggunakan energi matahari untuk membuat makanan mereka sendiri. Dengan adanya sinar matahari, karbon dioksida dan air diubah menjadi glukosa dan oksigen. Glukosa ini kemudian berubah menjadi energi yang dapat digunakan. Glukosa adalah seperti “makanan” bagi bakteri. Contoh bakteri fotosintetik adalah sianobakteri


Dekomposer
Bakteri yang dikenal sebagai dekomposer memecah limbah dan organisme mati menjadi molekul yang lebih kecil. Bakteri ini menggunakan substrat organik mereka memecah untuk mendapatkan energi mereka, karbon, dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.
Kemotrof
Bakteri juga dapat kemotrof. Kemotrof memperoleh energi dengan memecah senyawa kimia di lingkungan mereka. Contoh dari salah satu bahan kimia tersebut dipecah oleh bakteri yang mengandung nitrogen amonia. Bakteri ini penting karena mereka membantu siklus nitrogen melalui lingkungan untuk makhluk hidup lain untuk menggunakan. Nitrogen tidak dapat dibuat oleh organisme hidup, sehingga harus terus-menerus didaur ulang. Organisme membutuhkan nitrogen untuk membuat senyawa organik, seperti DNA.
Mutualisme
Beberapa bakteri tergantung pada organisme lain untuk bertahan hidup. Sebagai contoh, beberapa bakteri hidup pada akar kacang-kacangan, seperti tanaman kacang (Gambar di bawah). Bakteri mengubah molekul yang mengandung nitrogen menjadi nitrogen bahwa tanaman dapat digunakan. Sementara itu, akar menyediakan nutrisi untuk bakteri. Dalam hubungan ini, baik bakteri dan manfaat tanaman, sehingga dikenal sebagai suatu mutualisme.
Parasitisme
Bakteri lainnya adalah parasit dan dapat menyebabkan penyakit. Dalam parasitisme, bakteri tersebut mendapatkan keuntungan, dan organisme lainnya dirugikan. Bakteri berbahaya akan dibahas dalam konsep lain.
Ringkasan
Bakteri dapat memperoleh energi dan zat gizi dengan melakukan fotosintesis, menguraikan organisme mati dan limbah, atau memecah senyawa kimia. Bakteri dapat memperoleh energi dan zat gizi dengan membangun hubungan erat dengan organisme lain, termasuk hubungan mutualistik dan parasit.
Itulah secara umum cara bakteri untuk kelangsungan hidupnya. Sebenarnya masih banyak tentang cara bakteri itu hidup. Seperti biasa nanti saya akan jelaskan di lain kesempatan. Semoga bermanfaat dan terima kasih
Jangan lupa share and comment yaa...
Salam ByFen, Bye

0 komentar:

Post a Comment